Mengetahui Dengan Tepat Cara Supaya Anak Cerdas

Setiap orang tua yang memiliki anak merupakan suatu amanah yang harus dijaga. Oleh karenaya para orang tua berkewajiban mempersiapkan anak menuju kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Adalah sebuah kewajiban bagi orang tua untuk mencerdaskan anak sedini mungkin. Namun, pada umumnya anak-anak selalu ingin bermain atau menonton televisi membuat mereka sulit menerima pelajaran yang diberikan oleh orang tuanya bahkan gurunya kelak.

Untuk mengetahui cara tepat untuk mengatasinya tanpa harus mengorbankan kesenangannya anak dalam bermain, berikut ini adalah cara supaya anak cerdas :

• Batasi Jadwal Menonton Anak
Semakin lama anak menghabiskan waktu menonton video atau acara televisi lainnya, semakin sedikit kemungkinan mereka dapat fokus pada pelajaran atau pada hal apapun yang diberikan oleh orang tuanya. Hal ini dikarenakan menatap layar menyebabkan hypersurge dari zat kimia otak dopamin yang berfungsi membantu konsentrasi dan belajar pada anak.

Terlalu sering menatap layar televisi membuat dopamin menurun, lalu menurunkan respon otak terhadap rangsangan yang diterimanya. Batasi anak dalam menonton televisi atau video tidak lebih dari 2 jam sehari adalah cara supaya anak cerdas dan merupakan pilihan yang bijak.

• Temani Anak Ketika Menonton Acara Televisi
Sebaiknya orang tua memperbolehkan anak mereka menonton televisi selama 2 jam sehari, tetapi tetap awasi anak-anak. Nilai anak-anak yang sedang dalam masa pembelajaran akan turun jika anak-anak tersebut sengaja maupun tidak sengaja menonton film dewasa yang belum waktunya. Oleh karenanya, selalu dampingi anak Anda ketika menonton ataupun bermain internet.

• Biasakan Memulai Aktifitas dengan sarapan
Anak yang terbiasa sarapan memiliki kinerja dan prestasi yang baik dibandingkan anak yang tidak terbiasa sarapan di pagi hari, ketika akan memulai kegiatannya. Apalagi dengan memberi sarapan gandum, hasilnya akan lebih baik dari pada sumber karbohidrat yang lain. Adapun bubur gandum adalah makan terbaik otak, karena mereka lama dalam membakar energi, sehingga menjaga produksi energi di otak lebih lama.

• Berikanlah Tidur Yang Cukup Untuk Anak
Cara supaya anak cerdas selanjutnya adalah membiasakan anak tidur teratur. Anak yang terbiasa tidur larut malam cenderung memiliki IQ yang lebih rendah dibanding anak yang tidur teratur 8 jam setiap harinya. Tidur teratur sangat penting bagi otak dan tubuh anak, Karena dengan tidur yang cukup maka anak akan mengistirahatkan seluruh anggota badannya dengan baik.