Cara alami menghilangkan karang gigi

Cara alami menghilangkan karang gigi – Karang gigi atau biasa disebut juga sebagai plak merupakan kerak bakteri yang mengeras dan lengket. Karang gigi biasa terbentuk di antara pertemuan gigi dengan gusi. Karang gigi dapat mengakibatkan pembusukan serta penyakit pada gusi.

Penyebab timbulnya karang gigi

Sisa-sisa makanan yang tidak segera dibersihkan dan menempel di gigi inilah yang menjadi penyebab timbulnya karang gigi. Sisa makanan bercampur dengan bakteri serta dapat membentuk plak putih. Dan bila tidak segera dibersihkan, plak putih dapat bercampur dengan air ludah yang memiliki kandungan mineral dan berlangsung sistem mineralisasi. Baca juga, kopi bikin gigi kuning.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan karang gigi? Adakah cara menghilangkan karang gigi dengan cepat? Mari kita bahas.

Cara Alami Mengatasi dan Mencegah Karang Gigi

Karang gigi sebenarnya dapat dicegah melalui perawatan gigi yang teratur dan konsisten. So, jika Anda yang telah tanggung memiliki karang gigi, mungkin ada baiknya untuk mendatangi dokter gigi, dan katakan bahwa Anda ingin membersihkan plak gigi Anda. Itu mungkin solusi cara menghilangkan karang gigi dengan cepat.

Tapi sebagai alternatif, berikut ini  langkah praktis untuk mengatasi dan mencegah timbulnya karang gigi melalui cara alami.

1. Menyikat gigi secara teratur dan benar
Menyikat gigi harus teratur, minimal 2 kali sehari yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari menjelang tidur. Lakukan dengan teratur. Selain itu menyikat gigi jangan dilakukan dengan asal, lakukanlah secara benar. Gosoklah seluruh permukaan gigi yang menghadap ke pipi dan lidah. Untuk gigi atas gerakan sikat dari atas ke bawah, sedangkan  untuk gigi bagian bawah gerakan sikat dari bawah ke atas. Bersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss) atau sikat interdental

2. Menyingkirkan karang gigi dengan biji asam kawak
Biji asam kawak dapat kita pakai untuk menyingkirkan karang gigi. Caranya sngat mudah. Sediakan biji asam kawak, lalu sangrai biji, dan terakhir haluskan dengan menggunakan blender atau dapat juga dengan cara ditumbuk. Nah, serbuk biji asam kawak dapat kita pakai untuk menggosok karang gigi dengan memakai sikat gigi atau kapas.

3. Cengkeh untuk menghilangkan karang gigi.
Untuk cara alami menghilangkan karang gigi dengan cengkeh, siapkan cengkeh sebanyak 7 buah. Kemudian tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan cengkeh ini digunakan untuk menggosok karang gigi. Selain dipakai untuk menggosok gigi, bubuk cengkeh  dapat juga digunakan untuk berkumur.

4. Mengonsumsi buah apel
Cara alami menghilangkan karang gigi selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi apel. Lakukan secara teratur makan buah apel tanpa dikupas kulitnya. Hal ini akan membantu membersihkan karang gigi dari gigi Anda. Baca juga cara membuat gigi putih secara alami.

5. Perbanyak minum air putih
Rajin-rajinlah minum air putih yang bersih sambil kumur-kumur. Serta biasakan juga untuk berkumur dengan memakai cairan pembersih mulut / dental floss yang bisa mencegah plak karang gigi. Hal ini baik untuk mengatasi karang gigi, selain air putih bermanfaat sebagai cara alami memutihkan gigi.

6. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung
Terlalu banyak megkonsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung dapat menyebabkan timbulnya plak atau karang gigi. Untuk itu sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung.

7. Lakukan pemeriksaan gigi secara berkala, 6 bulan sekali
Mengunjungi dokter gigi selama 6 bulan sekali walau gigi tidak sakit. Dengan pemeriksaan rutin, kesehatan gigi akan terjaga. Apabila dideteksi ada lubang akan segera ditambal agar tidak semakin membesar.

Demikian 7 tips untuk kesehatan gigi Anda, terutama cara alami menghilangkan karang gigi.